Friday, March 2, 2018

Resep Nasi Dibalik Fakhe Hada / Nifalogu Khs Nias

Resep Masakan Khas Nias Sumatera Utara - Bagaimana Cara Membuat Nasi Fakhe hada” atau “Fakhe nifalögu? - Satu lagi makanan yang unik berasal dari pulau Nias "Nusa Indah Andalan Sumatera" jiaaa... kepanjangannya itu ya rupanya nama Nias. Itu temen aku sendiri orang orisinil nias, tapi tampaknya bener juga tuh... kalau anda perhatika pulau Nias ini ada yang lain dan unik jikalau dibandingkan dengan wilayah lainnya, daerah patainya masih alami seakan akan belum terjamah oleh manusia, kerikil batu yang besar menjulang menambah keunikan Nias.


Dibalik keunikan dan alami Nias rupanya ada makanan yang unik pula yakni Nasi Fake Nifalugo atau nasi dibalik, Masakan ini Menggunakan beras kas Nias Selatan, beras Sihera. Bentuk menyerupai beras ketan, berwarna putih pekat berbulir pendek, ramping, dan lebih pulen, 

Nasi ini dimasak memakai periuk yang terbuat dari tanah liat yang berbentuk setengah lingkaran. Uniknya, nasi ini akan disuguhkan eksklusif bersama keraknya. Hanya saja nasi ini hanya dapat kita temui saat ada pernikahan, upacara janjkematian atau jamuan pesta.
Lalu bagaimana cara membuatnya? Ok lagsung saja yuk..

Resep Cara Membuat Nasi Fake Nifalugo

Bahan bahan:
  • Daun pisang
  • 250 g beras berbulir pendek
  • 1 l air kelapa muda
  • ¼ sdt garam   
Cara Membuat:
  1. Mula mula ambil 4 lembar daun pisang, bentuk lingkaran diameter 10 cm atau sesuai ukuran periuk. Layukan di atas api. 
  2. Tata di penggalan dasar periuk**. Panaskan di atas api besar sampai panas (± 3 menit).Taruh beras di dalamnya. Tambahkan air kelapa dan garam. Aduk rata. Tutup dengan daun pisang. 
  3. Masak di atas api besar sampai mendidih. Kecilkan api. Lanjutkan memasak sampai nasi matang, penggalan tepi mengering, dan dasarnya membentuk kerak agak gosong.  Angkat. Balikkan periuk. Sajikan hangat.
Coba Juga: Resep Dan Cara Membuat Pecel Ndeso Khas Solo - Jawa Tengah
Keterangan:
**) Periuk: Atau belanga. Alat masak dari tanah liat kas Nias Selatan dengan bentuk lebih cekung. Jika tidak ada gunakan mangkuk untuk bibimbab pot yang banyak dijual di supermarket alat saji import. 

Artikel Terkait

Resep Nasi Dibalik Fakhe Hada / Nifalogu Khs Nias
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email