Saturday, March 3, 2018

Nama & Istilah Bumbu Masakan Yang Wajib Anda Ketahui

Resep Cara Masakan Nusantara - Nama Istilah Bumbu Pelengkap Masakan - Kalau sudah berafiliasi dengan dunia masakan pastilah terdapat istilah atau nama yang agak aneh ditelinga kita, namun sanggup diterasa di pengecap kita, kemudian kita akan bertanya tanya "Ini pakai bumbu apa sih, kok aku belum pewrnah merasakan?"

Nama nama bumbu masakan gres ini umumnya berasal dari daerah eropa dan asia, kemudian di adopsi oleh para mahir masakan Indonesia sehingga hingga ke pengecap kita. Bubu masakan gres ini sudah tersedia di pasaran terutama mini/super market di indonesia. Dibawah ini aku sudah rangkum banyak sekali nama bumbu aksesori masakan yang berasal dari banyak sekali sumber

Nama & Istilah Bumbu Pelengkap masakan

1. Garam masala
Campuran rempah khas India, biasanya terdiri dari kunyit, jahe, merica, ketumbar, adas manis, kapulaga, cengkih, bunga pala, dan cabai. Berbentuk debu dan dijual dalam kemasan siap pakai.

2. Marzipan
Terbuat dari gabungan putih telur, pasta almond, dan kembang gula.

3. Mayonaise
Salah satu jenis saus Perancis yang terkenal. Dibuat dari kuning telur, cuka, dan minyak sayur. Saus ini biasa digunakan untuk selada.

4. Mixed herbs
Campuran bumbu kering impor yang terdiri dari daun thyme, marjoram, peterseli, rosemary, dan basil. Dapat diperoleh di pasar dalam kemasan botol plastic mungil. Mixed herbs memperlihatkan aroma yang segar dan sedap pada masakan.

5. Mustard Perancis
Sejenis pasta yang terbuat dari biji mustard. Karena banyak dibentuk di Peramcis, maka disebut mustard Perancis. Banyak digunakan dalam hidangan Italia, rasanya elok dan warnanya kuning kecoklatan.

6. Puff Pastry
Adonan lemak lipat (balderdeeg), siap pakai. Sebelum digunakan simpan dulu dalam lemari pendingin. Jika akan dipakai, biarkan dalam suhu ruangan hingga meleleh.

7. Saus Hoisin
Saus yang terbuat dari kecap, bumbu ngo hiong, dan cabe bubuk. Biasa digunakan dalam hidangan Cina dan Asia, untuk merendam daging sapi atau ayam, dan juga untuk olesan. Warnanya coklat tua, kental, dan dijual dalam kemasan botol siap pakai.

8. Saus kedelai pedas Szechuan atau  Hot Bean Sauce
Sari kedelai yang dibubuhi dengan lada Szechuan hingga rasanya pedas gurih. Dijual dalam kemasan botol di pasar swalayan besar.

9. Saus Plum  atau Plum Sauce
Saus khas Cina yang terbuat dari apel, plum, apricot, kecap, gula pasir, cuka, dan cabai. Warnanya coklat kemerahan, kental, dan bercitarasa asam segar. Dijual dalam kemasan botol.

10. Sirop Grenadine
Adalah sirop sari buah delima. Warnanya merah tua, agak encer, dan beraroma bacin delima. Biasa dijual dalam kemasan botol. Jka tidak ada sanggup digunakan sirop merah yang lain.

11. Tausi
Fermentasi dari kacang hitam rebus yang dibumbui garam dan gula pasir. Diolah llau disimpan di tempat tertutup. Setelah masa fermentasi bias digunakan untuk penyedap masakan.

12. Tepung Custard
Tersedia dalam bentuk siap pakai. Terbuat dari telur, tepung maizena, garam, dan materi emulsi. Tepung custard banyak digunakan dalam pembuatan pudding dan pie.

12. Tepung Self-rising
Tepung yang sudah dibubuhi materi pengembang. Dapat digunakan tepung terigu biasa (125 gr), bubuhi dengan ½ sendok teh soda camilan elok dan ½ sendok teh baking powder.

14. Tepung Tang atau Tang Mien
Tepung terigu tanpa gluten yang merupakan endapan dari tepung terigu yang diambil glutennya tepung ini biasa digunakan untuk menciptakan dim sum (makanan kecil). Bentuk khasnya yang memberi tekstur bening atau transparan pada kuliner yang dibungkus dengan adonan tepung ini. Dijual di toko materi kuliner Asia atau Cina.

15. Bumbu Cajun
Bumbu khas biasanya digunakan untuk hidangan a la Cajun. Dapat dibentuk sendiri dari bawang putih bubuk, merica bubuk, merica hitam halus,  cayenne pepper, thyme  kering, dan oregano kering dicampur rata dengan masing-masing dosis 1 sendok teh.

16. Bumbu Five Spice
Berbentuk bubuk, yang merupakan salah satu bumbu khas Cina. Terdiri dari gabungan merica Szechuan, kayu manis, pekak, jintan, dan cengkeh yang dihaluskan. Dijual dalam kemasan siap pakai.

17. Dijon Mustard
Salah satu mustard Perancis yang paling terkenal. Baunya tidak terlalu tajam dan warnanya lebih pucat dari mustard lainnya.

18. Filo Pastry atau Phyllo
Adonan pastry yang sangat tipis menyerupai kertas dan banyak digunakan di Timur Tengah, dijula dalam bentuk beku. Jika akan memakai, lelehkan terlebih dahulu dan tutup selalu dengan lap lembab supaya tidak kering. Rasanya sangat renyah dan gurih.

Demikianlah nama dan istilah bumbu aksesori masakan yang kami rangkum dari banyak sekali sumber, kemudian kami persembahkan untuk anda para pembaca setia Kita.

Artikel Terkait

Nama & Istilah Bumbu Masakan Yang Wajib Anda Ketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email