Friday, March 23, 2018

Tips Merebus Telur Setengah Matang Biar Lebih Gurih Dan Nikmat

Bagaimana Cara Merebus Telur Setengah Matang? - Telur sengah matang disini maksudanya tidak terlalu matang, jadi kuning telur masih terlihat warna kuningnya, alasannya beda dengan yang sudah matang akan terlihat warna kuning keabu abuan. Sulit rasanya bila tidak mengetahui ilmunya sehingga telur itu menjadi setengah matang, alasannya selama ini kita kalau merebus telur tidak memperkirakan waktu yang benar, pokonya telur matang dan lezat untuk dimakan gitu saja.

Telur setengah matang akan terasa lebih gurihnya dibandingkan yang sudah terlalu matang, ada 3 tingakatan untuk menggolongkan kematangan-nya dan ini pastinya sesuai selera masing masing orang. Ada yang suka hard boiled dimana telur rebus matang sempurna.


Dan ada pula yang suka soft boiled atau telur setengah matang dimana kuning telur masih encer. Untuk mereka yang suka tekstur telur rebus diantara hard boiled dan soft boiled biasanya menentukan medium boiled. Pada tingkat kematangan ini kuning telur tidak terlalu cair dan tidak terlalu padat.

Tips Merebus Telur Agar Menjadi Setengah Matang

Bahan dan Alat
  • Bahan: - Telur ayam segar, sebaiknya yang sudah didinginkan di kulkas, air dingin, dan es.
  • Alat: - panci, alat pengukur waktu (HP), sendok atau centong sayur untuk mengangkat telur yang panas, dan mangkuk.

Cara Merebus
  1. Masukkan telur ke dalam panci. Usahakan maksimal 6 telur saja. Isi dengan air hambar sampai menutupi permukaan telur setinggi 2,5 cm.
  2. Rebus telur dengan api besar sampai air mendidih. Matikan api kemudian tutup panci.
  3. Nyalakan alat pengukur waktu atau timer dapat dengan handphone anda. Untuk telur soft boiled yang kuningnya masih encer, tinggalkan telur selama 3 menit.
  4. Untuk telur medium boiled, ukur waktu 6 menit. Sedangkan telur rebus hard boiled memerlukan waktu 15 menit.
  5. Angkat telur. Ketuk perlahan telur ke atas permukaan meja semoga sedikit retak. Tempatkan telur dalam mangkuk berisi es batu. Diamkan 1 menit. Kupas kulit telur perlahan dan nikmati telur rebus!
Coba Juga: Cara menciptakan olahan telur puyuh campur tahu yang paling enak 
Demikianlah Tips Merebus Telur Setangah Matang Agar Terasa Gurih, yang pastinya akan terasa lebih nikmat, selamat mencoba...


Artikel Terkait

Tips Merebus Telur Setengah Matang Biar Lebih Gurih Dan Nikmat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email