Sunday, March 18, 2018

Resep Sate Jamur Tiram Ala Cak Oney Khas Yogyakarta

Bagaimana Cara Membuat Sate Jamur Tiram Yang Paling Enak? - Olahan jamur di klaim lebih sehat dari pada daging sebenarnya, tidak mengandung kolesterol yang membahayakan tubuh, tidak menyerupai daging. Masakan berbahan dasar jamur terbukti lebih gurih dan enak baik dimakan secara pribadi ataupun sebagai pendamping nasi.

Banyak macam olehan jamur yang kini mulai merebak dipasaran. Ada oseng oseng jamur, tumis jamur, jamur goreng krispi dan yang kini sangat digemari konsumen yaitu sate jamur. Bicara sate jamur aku ingat dengan salah satu kuliner dari Yogyakarta yaitu sate jamur Cak Oney.


Cerita sedikit mengenai sate jamur cak oney, awalnya hanya olahan rumahan biasa dijual sebagai perjuangan sampingan pada tahun 1996. Kini perjuangan Sate Jamur Tiram Cak Oney yaitu salah satu perjuangan yang paling digemari di Yogyakarta. Usaha rumahan ini hanya melayani pesanan dan menghabiskan 5000 tusuk dalam beberapa hari saja.

Sate Jamur Cak Oney ini populer dengan kelebihannya sebagai sajian “Nonkolesterol” dan kelezatan yang sehat. Dalam menyiapkan sajian ini, Sate Jamur Cak Oney memakai resep belakang layar dan dikombinasikan dengan bahan-bahan terbaik pilihan menyerupai rebusan jamur, dan bawang putih.

Untuk melengkapi sajian ini, Sate Jamur Cak Oney menyajikannya pilihan dengan bumbu kacang atau kecap manis, namun pada umumnya orang menentukan bumbu kecap. Nah pada kesempatan kali ini akan aku bagikan belakang layar sate jamur bumbu kecap bagus ala Cak Oney;


Resep Dan Cara Membuat Sate Jamur Tiram Bumbu Kecap Manis

Bahan-bahan:
  • 300 gr Jamur tiram, dibersihkan, dipotong memanjang
Bahan Yang Dihaluskan:
  • 2 siung Bawang putih panggang
  • 1 siung Bawang merah segar
  • 3 butir Cabe rawit merah (jumlah tergantung selera)
  • 5 butir lada putih bubuk
Bahan lainnya:
  • 1/2 sdm Kecap bagus (recommended bango)
  • 1/2 sdm Saus tiram
  • 1/2 sdm Kecap ikan
  • 1 sdm Margarin
  • 1 buah Kuas untuk memoles
  • 10 buah Tusukan sate
Cara menciptakan Sate Jamur Tiram
  1. Mula mula  Panaskan kukusan, kemudian kukus jamur sampai agak layu dan sisihkan dahulu.
  2. Ambil sebuah wadah, kemudian campurkan semua bahan-bahan bumbu di lanjutkan tusuk jamur tiram yang sudah dikukus untuk dijadikan sate.
  3. Anda dapat gunakan kuas, kemudian olesi sate jamur dengan bumbu tadi, kemudian anda bakar diatas arang yang mengaga sampai harum aromnya, 
  4. Jangan terlalu kering, jikalau dirasa sudah cukup matang silahkan diangkat dan sajikan...
Coba Juga: Cara Membuat Rendang Jamur Tiram Yang Paling Enak
Demikianlah resep dan cara menciptakan sate jamur tiram yang paling enak ala Cak Oney khas Yogyakarta, selamat mencoba..

Reverensi: http://www.bango.co.id/resep/details/562/sate-jamur-tiram/

Artikel Terkait

Resep Sate Jamur Tiram Ala Cak Oney Khas Yogyakarta
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email