Thursday, March 15, 2018

Resep Cara Menciptakan Kalio Cumi Khas Padang Paling Lezat

Resep Masakan Padang - Bagaimana Cara Membuat Kalio Cumi Khas Padang Yang Paling Enak? - Masakan padang msih menjadi pilihan utam untuk hidangan makan siang,baik untuk para pekerja kantoran maupun kuli bangunan, tak terkecuali orang rumahan. Semua kok disebut, ya memang kuliner padang ini cocok untuk semua orang dan semua suku di Indonesia. Sensasi bumbu rempah yang khas dan rasa sedikit pedas merupakan selera orang indonesia.

Bicara soal kuliner Padang aku ada resep kuliner favorite aku yaitu Kalio Cumi, walaupun ada rendang yang rasanya nendang itu, namun kandungan kolesterol pada daging sapi menciptakan aku jarang makan rendang daging sapi, maka dari itu aku menentukan jenis ikan dan yang menjadi unggulan aku yakni ikan cumi dipadu bumbu rendang yang sedikit berkuah.


Lalu apa bedanya rendang dan kalio? kalau diperhatikan tidak jauh beda, Kalio yakni homogen kuliner berkuah agak sedikit kental. Jika dilihat dari cara memasaknya, kalio dapat dikatakan merupakan bab dari kuah rendang yang belum mengering.

Rendang dimasak dengan memakai santan dan bumbu-bumbu rendang dan lalu dari banyaknya kuah santan tersebut, anda harus terus mengaduk dalam nyala api sedang hingga kuah tersebut mengering dan berwarna coklat kehitaman.

Apabila telah hingga pada tahap itu, jadilah yang disebut rendang. Nah kalio merupakan bab dari proses tersebut, tapi kuah yang diaduk belum mengering, artinya masih ada kuahnya.

Kalio cumi-cumi bergotong-royong sama saja dengan tahap proses pembuatan rendang, cuma bedanya biasanya yang kita kenal rendang berbahan daging, nah pada kalio cumi ya materi dasarnya yakni cumi-cumi.  Sepertinya sudah tak sabar ya untuk menciptakan kalio cumi ini? Kalau begitu eksklusif saja...

Resep Dan Cara Membuat Kalio Cumi Yang Paling Enak

Bahan-Bahan:
  • 1 kg cumi ukuran sedang (7-8 
  • 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  • 2 ruas ibu jari lengkuas lalu parut
  • 1 ruas ibu jari jahe lalu parut
  • 2 biji asam kandis
Haluskan Bumbu
  • 7 buah cabe merah kering
  • 11 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan
  • 2 ruas jari kunyit bakar
  • garam secukupnya
Cara Memasak Kalio Cumi;
  1. Mula mula Bersihkan cumi dan sisihkan, biar tidak kempes cumi-cumi dapat diisi dengan telor atau semacamnya biar terlihat lebih berisi
  2. Kemudian Campur bumbu halus dengan santan dan bumbu-bumbu lainnya, lalu masak sambil diaduk perlahan hingga mendidih. Sebaiknya masak dengan api sedang atau kecil hingga bumbu matang dan santan menyusut hingga keluar minyaknya;
  3. Langkah selanjutnya masukan cumi, masak hingga cumi matang dan bumbu meresap.
  4. Jika bumbu sudah di rasa pas, silahkan angkat bersama dengan kuahnya dan sajikan.

Coba Juga: Cara menciptakan kalio udang khas Padang sumatera barat yang paling enak
Nah begitulah resep dan cara menciptakan kalio cumi khas Padang yang paling enak, tetaplah bersama kami untuk mendapat resep msakan nusantara yang mempunyai cita rasa khas kawasan masing masing.

Reverensi: http://www.saribundo.biz/resep-kalio-cumi-khas-masakan-rumah-makan-padang.html

Artikel Terkait

Resep Cara Menciptakan Kalio Cumi Khas Padang Paling Lezat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email